DAYA TERIMA DAN KANDUNGAN PROTEIN BAKSO KEONG SAWAH

Salmiah1, Zakaria1, Suriani Rauf1

1) Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Makassar

ABSTRAK
Latar belakang. Pangan merupakan kebutuhan paling dasar bagi manusia. Bahan makanan penghasil zat gizi pembangun adalah sumber protein. Keong Mas banyak tersedia, mengandung protein yang cukup tinggi akan tetapi pemanfaatannya masih
kurang.

Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya terima dan kandungan protein bakso keong sawah.

Metode. Penelitian ini merupakan penelitian pra experimen dengan menggunakan desain penelitian Post Test Group Design. Daya terima masyarakat terhadap produk bakso Keong Mas dinilai berdasarkan uji hedonik terhadap 25 orang panelis dan analisa kandungan protein dilakukan dengan menggunakan metode Kjehdahl.

Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya terima panelis terhadap bakso keong mas berdasarkan aspek rasa, warna, tekstur dan aroma pada umumnya lebih menerima bakso keong mas dengan konsentrasi tepung tapioka 30%. Urutan tingkat kesukaan panelis terhadap bakso hasil percobaan yang dinilai berdasarkan aspek rasa, warna, tekstur dan aroma yaitu, pertama yang disukai oleh panelis adalah bakso keong mas dengan konsentrasi tepung tapioka 30%, kedua adalah bakso keong mas dengan konsentrasi tepung tapioka 10% dan ketiga adalah bakso keong mas dengan konsentrasi tepung tapioka 50%. Kandungan protein bakso keong mas dengan konsentrasi tepung tapioka 10%, 30% dan 50% masing-masing adalah 11,678 gr, 9,865 gr dan 8,095 gr.

Kesimpulan. Ada perbedaan yang nyata terhadap daya terima ketiga sampel dari aspek rasa, warna, tekstur kacuali aroma tidak ada perbedaan yang nyata terhadap daya terima.

Kata Kunci : Daya Terima, kandungan protein, Keong sawah

*) Unduh Full Text