Pedoman Penulisan Artikel

  1. Naskah yang dikirimkan kepada redaksi belum pernah dimuat atau tidak sedang diajukan untuk dimuat pada media cetak atau jurnal ilmiah lainnya.
  2. Naskah berupa ketikan komputer, menggunakan Microsoft Word dan diserahkan dalam bentuk CD dan print out (1 rangkap). Naskah diketik dengan spasi satu, memakai huruf Arial ukuran 10, batas tepi kiri 2.5 cm, tepi kanan 2.5 cm, tepi atas dan bawah 3 cm, tebal naskah 8–10 halaman pada kertas ukuran A4, serta diberi nomor halaman pada sudut kanan bawah.
  3. Naskah ditulis dalam bahasa Inggris/Indonesia dilengkapi dengan abstrak terstruktur (250-300 kata) dan 3–10 kata kunci (key words). Abstrak dicantumkan di bawah nama penulis, dalam bahasa Inggris untuk naskah berbahasa Indonesia dan dalam bahasa Indonesia untuk naskah berbahasa Inggris. Komponen abstrak terdiri dari Background (Latar Belakang), Objective (Tujuan), Method (Metode), Results (Hasil), dan Conclusion (Kesimpulan). Sebagai acuan untuk key words dapat digunakan Index Medicus.
  4. Judul naskah tidak lebih dari 15 kata dalam tulisan berbahasa Indonesia dan 10 kata bahasa Inggris. Judul yang panjang dipecah menjadi anak judul.
  5. Naskah terdiri dari subjudul Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil, Pembahasan, Kesimpulan dan Saran, serta Rujukan.
  6. Nama penulis (tidak disertai gelar kesarjanaan) ditulis di bawah judul, diberi nomor di belakang nama penulis untuk pencantuman asal alamat institusi. Penulis dianjurkan untuk mencantumkan alamat lengkap dan e-mail untuk memudahkan korespondensi.
  7. Penulisan rujukan menggunakan sistem harvard, nama penulis dan tahun publikasi dengan urutan pemunculan berdasarkan nama penulis secara alfabetis.

Smith (1983) menemukan bahwa ………. (Smith,1949, Bond et al., 1955)

Walaupun keberadaan …… (Nguyen, 1987),

namun ……….. (Washington, 1999).

  1. Rujukan disusun berdasarkan nama penulis secara alfabetis sesuai dengan urutan penampilan dalam naskah.
  2. Para penulis diharap sedapat mungkin mengikuti Index Medicus dan Index of Indonesian Learned Periodicals (PDIN 1974) untuk singkatan nama berkala.
  3. Tabel dan ilustrasi harus diberi judul dan keterangan yang cukup. Judul tabel ditempatkan di atas tabel, sedangkan judul gambar ditempatkan di bawah gambar.
  4. Naskah pracetak yang sudah diedit akan dikirimkan kepada penulis untuk dikoreksi dan dikembalikan secepatnya kepada Redaksi.
  5. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis. Penulis yang naskahnya dimuat akan diberi imbalan berupa nomor bukti pemuatan sebanyak 1 (satu) eksemplar.
  6. Naskah yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis.
  7. Penulis di luar institusi Jurusan Gizi Poltekkes Makassar yang artikelnya dimuat wajib membayar kontribusi biaya cetak yang ditentukan redaksi tiap judul dan akan menerima bukti pemuatan sebanyak 1 (satu) eksemplar beserta cetak lepasnya.

SEKRETARIAT

Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Makassar | Jl. Paccerakkang Km. 14 Daya | Tlp/Fax. 0411-510197 | HP. 085255549979 | E-mail : manjilala@poltekkes-mks.ac.id