PENGETAHUAN KADER GIZI TENTANG KARTU MENUJU SEHAT (KMS) DI KELURAHAN BULAKREJO KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN SUKOHARJO

Sunarto1

1Jurusan Gizi, Politeknik Kesehatan, Makassar

 Abstrak

 Latar Belakang : Kader Gizi sebagai pelaksana Posyandu dituntut untuk mengetahui dan memahami arti, guna, dan isi pesan-pesan dalam Kartu Menuju Sehat (KMS). Kesalahan kader gizi dalam hal pemindahan data dari KMS ke formulir dan meletakkan titik-titik koordinat berat badan dari umur ke KMS. Kesalahan ini dapat menyebabkan penuntun status gizi berada di seharusnya.

Tujuan penelitian : untuk mengetahui pengetahuan kader gizi tentang Kartu Menuju Sehat (KMS)

Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan Cros Seksional. Pengumpulan data dilakukan kurang lebih satu bulan pada bulan juli 2006 dengan wawancara  berpedoman pada Kuesioner lalu hasilnya  ditabulasikan dalam bentuk tabel dan selanjutnya didesmikripsikan .

Hasil : Pengetahuan kader gizi tentang arti grafik, sebagian besar (45%) kader cukup mengerti. Sedangkan pengetahuan tentang pesan-pesan yang terdapat dalam KMS sebagian besar (50%). Kader gizi cukup mengerti, hanya ada 1 (2%) orang kadar gizi yang kurang mengerti tentang pesan-pesan tersebut.

Kesimpulan : cara mengisi kader gizi yang masih kurang adalah mengenai cara mengisi KMS, batas umur, pemberian kapsul vitamin A dosis tinggi, batas umur pemberian imunisasi.

 Kata kunci : Pengetahuan Kader Gizi.  Tentang KMS

*) Jika anda ingin memperoleh Full Text, silakan hubungi sekretariat